Janda, Film Kedelapan yang Tayang Terbatas Tahun 2024

Kamis minggu keempat bulan Agustus ini ada 1 film yang tayang terbatas. Film dengan judul yang sedikit sensitif ini membawa pesan moral bagi setiap orang. Sayang niat sang sutradara hanya mampu menjangkau penonton di Makassar saja.

Jika melihat jadwal di website 21, maka Makassar jadi satu-satunya Kota yang memutar film arahan sutradara yang sekaligus merangkap penulisnya, Rere art2tonic. Namun entah dengan jaringan bioskop lain seperti CGV dan Cinepolis. 

Sinopsis dan video

Film yang banyak dibintangi sineas lokal ini mengisahkan seorang perempuan yang dicap sebagai janda oleh lingkungan sekitarnya. Padahal Prapti yang diperankan Arlita Reggiana memiliki suami dan anak perempuan.

Karena suaminya seorang TKI, ia sering pergi meninggalkan keluarganya. Hanya saja kali ini sang suami benar-benar nggak pulang lebih lama dari biasanya dan tidak ada kabar sama sekali.

Masyarakat sekitar lantas membicarakan kehidupan rumah tangga Prapti, lalu menyebutnya sebagai janda karena dianggap sang suami sudah meninggalkannya.

Stigma negatif ini jadi alur cerita yang coba dikisahkan oleh sang sutradara yang memiliki tujuan bahwa janda masih dianggap kurang baik di beberapa daerah meski sudah hidup di era modern sekarang ini.

Tidak tayang di Kota Semarang

Kemampuan sineas dari Makassar tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, sang sutradara memiliki banyak karya yang semuanya tayang di bioskop. Kami harap dari Kota Semarang pun bisa mengikuti rekam jejaknya. Mungkin ada, hanya kami aja yang mungkin kurang mengetahuinya.

Meski begitu, selera penonton di Kota Semarang dan mungkin beberapa kota lain memiliki karakter unik yang belum bisa ditaklukkan film-film berbasis lokal. Yang akhirnya membuat peredan filmnya menjadi sulit agar bisa tayang di Kota Semarang dan lainnya.

Semoga saja kelak di masa depan sudah tidak ada lagi film yang tayang terbatas.

5 film Indonesia

Film Janda yang berdurasi 93 menit ini bukan saja harus bersaing dengan film-film yang kebanyakan bergenre horor, melainkan juga film dari perusahaan rumah produksi yang besar. Ya, mohon dimaklumin.
  1. Kromoleo 🆕
  2. Azzamine 🆕
  3. Dosen Ghaib 
  4. Kang Mak 
  5. Rumah Dinas Bapak 
Saat kami cek di Wikipedia, film Janda tidak masuk dalam daftar film yang ditayangkan di sana. Weh, cukup mengejutkan kami. Apa karena jarang ngecek? Atau hanya belum diperbarui saja?

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jadwal Bioskop Semarang: Kamis Minggu Kedua Bulan September 2024, Ada 2 Film Baru dan 1 Terbatas

Tayang Perdana di Kota Semarang, Film Laura Sukses Kuasai Seluruh Bioskop

Dirilis 21 Maret 2024, Film Dua Surga Dalam Cintaku Tayang 2 Hari di Kota Semarang

Harga Tiket di Bioskop Uptown Mall BSB City Semarang, Lebih Mahal?

Jadwal Bioskop Semarang: Kamis Minggu Pertama Bulan September 2024, Ada 3 Film Baru