5 Alasan Penonton Film Indonesia Menurun di Semester Pertama Tahun 2023

Tulisan ini terinspirasi dari laman kincir.com yang dipublish tanggal 16 Juli kemarin. Kami setuju dengan beberapa alasan yang mereka tulis di sana. Apalagi beberapa minggu belakangan, film Indonesia lagi-lagi kalah bersaing dengan film luar.

Tahun lalu, 2022, insan film dan termasuk kami sangat bangga dengan pencapaian yang diraih film Indonesia yang sukses mendatangkan 56 juta penonton dalam setahun. 

Bagaimana dengan tahun 2023? Apakah akan turun dan kembali harus merangkak atau malah ada kejutan disisa bulan sebelum pergantian tahun.

5 alasan

Awal pekan ini, saat postingan ini dirilis hari ini (24/7), di bioskop Kota Semarang tidak ada film Indonesia yang tayang. Film bergenre horor pun seakan tidak sanggup mengimbangi gempuran film luar yang sedang bagus-bagusnya tayang.

1. Film-film yang nggak berhasil menjual

Tahun 2023 tidak bisa mengulang tahun 2022 di mana efek pandemi Covid saat itu bisa dikatakan jadi salah satu alasan mengapa tahun 2022 bisa sesukses saat itu.

Tahun ini banyak film yang seharusnya sukses menembus box office atau 1 juta penonton. Sayangnya, gagal. Entah apa alasannya, apakah pemasarannya yang nggak jalan atau pamornya ketutup.

2. Film lebaran yang gagal memenuhi ekspetasi

Dari 4 film yang dirilis, hanya ada 3 film yang tembus box office. Meski begitu, perolehannya masih kalah dengan tahun 2022. Lebaran selalu jadi momentum, seperti yang diperoleh film KKN di Desa Penari.

3. Film luar box office berbondong datang

Film-film seperti Fast X, Indiana Jones, Mision Impossible, Transformers hingga Evil Dead Rise merupakan film luar yang sukses menutupi film Indonesia yang tayangnya bersamaan.

4. Nggak banyak film viral

5. Film yang dijagokan ternyata nggak maksimal

...

Dua alasan sisanya sengaja tidak kami beri penjelasannya. Bila penasaran, bisa langsung ke halaman kincir.com di sini. Di sana, ditulis dengan baik dan mendalam.

Semoga saja, tahun ini tidak ditutup dengan kemunduran film-film Indonesia. Apalagi banyak bioskop yang baru dibangun seperti di kota kami, Semarang. Tentu ada banyak layar yang seharusnya dapat menampung film Indonesia.

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Film Vina: Sebelum 7 Hari Tembus 1 Juta Penonton, Jadi Film Box Office Ke-7 Tahun 2024

Tayang Perdana di Kota Semarang, Film Do You See What I See Sukses Kuasai Seluruh Bioskop

Jadwal Bioskop Semarang: Kamis Minggu Kedua Bulan Mei 2024, Ada 1 Film Baru

Film The Architecture of Love (TAOL) Cinema Visit Semarang

Dirilis 25 Januari 2024, Film #OOTD: Outfit of The Designer Tayang 2 Hari di Kota Semarang