Dirilis 19 April 2023, Film Buya Hamka Tayang 27 Hari di Kota Semarang

Satu diantara 4 film yang dirilis mengambil momentum lebaran adalah film Buya Hamka. Tidak sia-sia film yang disutradarai Fajar Bustomi ini sukses menembus box office, promosinya memang luar biasa ala Falcon Pictures.

Film ini terasa berat karena bergenre drama biografi. Tentu, tidak asal-asalan karena yang diangkat adalah perjalanan hidup seorang sastrawan yang juga merupakan ulama bernama Abdul Malik Karim Amrullah atau dikenal Buya Hamka.

Sinopsis dan video

Mengutip wikipedia, biaya anggaran untuk film yang dibintangi Vino Bastian sebagai tokoh utamanya berbiaya 23 miliar. Tidak heran, ketika film berdurasi 106 menit ini dibuat konsep volume 1,2 dan 3. 

Itu artinya ada beberapa bagian cerita yang diputar di bioskop. Tentu, waktu rilisnya juga berbeda. Film Buya Hamka yang pertama rilis lebih bererita tentang Hamka muda yang merupakan seorang pengurus Muhammadiyah di Makassar.

Ia juga seorang penulis sastra koran dan cerita roman yang disukai para pembaca. Lalu, ia pindah ke Kota Medan dan menjadi ancaman Jepang saat itu karena posisinya yang dianggap mengancam.

Pendekatan Hamka ke pihak Jepang yang dianggap menjilat membuat dirinya diminta mundur dari jabatan pengurus Muhammadiyah. Ditambah, keluarga Hamka ikut terguncang ketika salah satu anaknya meninggal karena sakit.

27 hari 

Rilis perdana, film Buya Hamka langsung mendapatkan 9 bioskop. Tidak mengejutkan sebenarnya, apalagi ada bendera Falcon Pictures. Daftar bioskopnya sebagai berikut

  1. Java Mall
  2. Central City
  3. Citra
  4. DP
  5. Paragon
  6. Tentrem 
  7. Majapahit
  8. Setiabudi
  9. Uptwon

Minus bioskop The Park, bila mal baru ini juga menayangkan, maka dipastikan menguasai seluruh bioskop di Kota Semarang.

Perjalanan mulai tersendat di hari ke-5. Bioskop di Transmart Majapahit sudah tidak memutar filmnya lagi. Kemudian disusul hari ke-9, giliran bioskop Paragon yang menurunkan film.

Hari ke-15, bioskop di DP Mall juga mengeluarkan film Buya Hamka. Hari ke-18, bioskop Central City, hari ke-23, bioskop Uptwon, hari ke-24 bioskop Citra dan terakhir bioskop Java Mall hari ke-28. Total ada 27 hari filmnya tayang di Kota Semarang.

4 film 

Momentum lebaran yang sudah dipersiapkan dengan 4 film baru di bioskop benar-benar mempengaruhi daftar film yang sedang diputar. Ternyata kehadiran 4 film baru, termasuk film Buya Hamka, membuat film yang sebelumnya tayang sudah keluar.

Jadinya, 4 film baru dirilis ini langsung menguasai dalam daftar yang tayang di bioskop Kota Semarang

  1. Buya Hamka
  2. Sewu Dino
  3. Khanzab
  4. Jin & Jun
Film Buya Hamka sejatinya dirilis tanggal 20 April 2023, namun dimajukan menjadi tanggal 19 April. Ini adalah strategi pemasaran yang bertujuan menaikkan animo menonton karena lebaran idulfitri.

...

Jangan lupa perbarui info jadwal film Indonesia lewati Twitter Kofindo, khususnya kamu yang tinggal atau sedang berada di Kota Semarang. Sekalian, follow juga ya.

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Film Vina: Sebelum 7 Hari Tembus 1 Juta Penonton, Jadi Film Box Office Ke-7 Tahun 2024

Tayang Perdana di Kota Semarang, Film Do You See What I See Sukses Kuasai Seluruh Bioskop

Jadwal Bioskop Semarang: Kamis Minggu Kedua Bulan Mei 2024, Ada 1 Film Baru

Film The Architecture of Love (TAOL) Cinema Visit Semarang

Dirilis 25 Januari 2024, Film #OOTD: Outfit of The Designer Tayang 2 Hari di Kota Semarang