Eksil, Film Indonesia Kedua yang Tayang Terbatas Tahun 2024

Jika membaca beberapa referensi mengenai perjuangan Lola Amaria yang melakukan riset sejak tahun 2010 untuk filmnya ini, rasanya sepadan dengan penghargaan yang diterimanya tahun 2023. Sayang sekali, film ini bukan film komersil. Sehingga butuh pertimbangan untuk menayangkan di seluruh bioskop.

Ketika film bergenre horor sedang menguasai bioskop di Kota Semarang minggu ini, film Eksil seperti sebuah buih di lautan. Ada, tapi tak terlihat.

Padahal film bergenre dokumentar ini membuka tabir sejarah yang tidak banyak diketahui banyak orang. Sisi lain dari tragedi G30S/PKI.

Sinopsis dan video

Film berdurasi 2 jam ini membawa penontonnya kembali ke era tahun 1960-an lewat cerita yang dikisahkan langsung oleh orang-orang yang berbicara lewat wawancara asli di dalam filmnya.

Bila membaca sinopsisnya, latar orang-orang tersebut adalah mahasiswa yang dikirim belajar oleh Pemerintah Indonesia ke Uni Soviet (Rusia) dan Tiongkok. Mereka tidak bisa pulang setelah peristiwa 1965.

Mereka terdampar dan melintasi berbagai negara tanpa status. Mencari negara yang mau menampung mereka. Bahkan, mereka putus kontak dengan keluarganya yang ada di Indonesia yang juga menjadi korban perubahan politik.

Dalam wawancara, mereka yang mewakili ribuan orang yang senabib, memiliki harapan untuk bisa kembali pulang. Tak ada kata menyerah buat mereka. 

Dibalik layar, Lola Amaria yang merangkap produser, penulis hingga sutradara ini sampai dianggap sebagai mata-mata saat membuat film Eksil. 

Meski sulit, Lola Amaria setidaknya karya yang dibuat bisa diputar di bioskop meski tayang terbatas beberapa kota. 

Film kedua tahun 2024

Jika melihat beberapa kota yang tetap merilis filmnya, mungkin tidak sekedar selera penonton saja yang jadi pertimbangan. Film pertama yang tayang terbatas, malah genrenya horor. Genre yang beberapa tahun belakangan sedang bagus-bagusnya.

  1. Diwe: Hutan Larangan, Film Indonesia Pertama yang Tayang Terbatas Tahun 2024

Di era sekarang, masalah tidak tayang rasanya tidak masalah. Ada banyak platform film online yang akan siap menerma filmnya. Sehingga masyarakat yang penasaran bisa menontonnya.

Apabila masih kurang, mungkin bisa mengadakan road show film seperti yang dilakukan film Pesantren

6 film Indonesia

Di Kota Semarang, ada 6 film yang diputar. Film Eksil yang rilis bersamaan 2 film baru lainnya bila dihitung seharusnya ada 7 film. Berikut daftarnya, siapa tahu ingin tahu salah satu alasan film Eksil tidak tayang di Ibu Kota Jawa Tengah.

  1. Agak Laen 🆕
  2. Kereta Berdarah 🆕
  3. Eksil 🚫
  4. Pemukiman Setan 
  5. Setengah Hati 
  6. Bu Tejo Sowan Jakarta 
  7. Ancika: Dia yang Bersamaku 1995 
Saat kami cek di Wikipedia, tidak terlihat film Eksil di sana. Kami mencoba mengecek berapa jumlah penontonnya saat ini? Kalau tidak ada, lalu di mana kira-kira?

Update!

Kabar gembira nih. Film Eksil akhirnya diputar juga di Kota Semarang pada tanggal 25 Februari 2024 di bioskop Cinepolis, Java Mall, Kota Semarang. Infonya bisa dibaca link di bawah ini.

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dirilis 22 Februari 2024, Film Dealova 2024 Tayang 2 Hari di Kota Semarang

Jadwal Bioskop Semarang: Kamis Minggu Keempat Bulan Juni 2024, Ada 2 Film Baru

Dirilis 11 Januari 2024, Film Ancika: Dia yang Bersamaku 1995 Tayang 27 Hari di Kota Semarang

Film Dua Hati Biru Cinema Visit Semarang

Dirilis 7 Februari 2024, Film Munkar Tayang 18 Hari di Kota Semarang