Dirilis 7 September 2023, Film Orpa Tidak Tayang di Bioskop Kota Semarang

Awal bulan September 2023, bioskop Tanah Air kedatangan film besutan sineas lokal Papua. Mengutip detik, Orpa merupakan film panjang pertama Papua yang disutradrai oleh orang Papua asli. 

Berdurasi 101 menit, film bergenre drama ini mengisahkan tentang perjuangan seorang gadis Papua mengejar pendidikan formal. Pernikahan, tradisi dan mimpi adalah gambaran utama film ini coba ditampilkan. Tentu dengan balutan keindahan tanah Papua pastinya.

Sebuah kebangkitan

Terlepas tayang terbatas hanya beberapa kota saja, film Orpa yang rilis secara resmi di bioskop tanggal 7 September ini bisa dikatakan sebuah kebangkitan menurut kami.

Mari belajar dari sineas Makassar yang begitu konsisten menghasilkan karya. Awal-awal mereka juga mengalami keterbatasan layar, khususnya di Kota Semarang. Namun sekarang, filmnya sudah beberapa kali ditayangkan di sini (Semarang).

Tentu, Orpa bisa menjadi inspirasi bagi sineas lokal Papua maupun kota-kota lain. Memang tidak mudah, apalagi saat mengetahui budget film Orpa yang menghabiskan 5 miliar yang dianggap biaya yang standar untuk perfilman Indonesia.

Terlepas dari biaya produksi, film Orpa sudah terbang ke berbagai festival film di seluruh dunia. Disebutkan di laman detik, setidaknya 7 festival film diikuti. Sebuah perjalanan yang luar biasa juga tentunya (portofolio).

Pesan film Orpa

Dengan balutan genre drama, film Orpa membawa pesan penting buat keluarga. Ceritanya sangat dekat dengan kita. Intip video trailernya di bawah ini.

...

Tahun 2023, menurut catatan kami, film Orpa jadi film kedua yang tidak ditayangkan di bioskop Kota Semarang. Sebelumnya ada film dari sineas lokal juga dari Bangka Belitung.  Filmnya ada di bawah ini.

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Film Vina: Sebelum 7 Hari Tembus 1 Juta Penonton, Jadi Film Box Office Ke-7 Tahun 2024

Tayang Perdana di Kota Semarang, Film Vina: Sebelum 7 Hari Sukses Kuasai Seluruh Bioskop

Jadwal Bioskop Semarang: Kamis Minggu Kedua Bulan Mei 2024, Ada 1 Film Baru

Film The Architecture of Love (TAOL) Cinema Visit Semarang

Dirilis 25 Januari 2024, Film #OOTD: Outfit of The Designer Tayang 2 Hari di Kota Semarang